Category Archives: Nature Zone

Tentang Membuang Sampah Sembarangan (part 2)

image-16-09-15-10-13

image-16-09-15-10-13-1(1)Menulis postingan ini merupakan dilemma buat saya. I didn’t like complaining about something but doing nothing to change that. Perasaan itulah yang muncul saat saya mengambil foto di atas. Lokasi foto itu diambil di salah satu tempat wisata di daerah Sumatera Barat, yang kebetulan posisinya cukup dekat dengan rumah saya.

Yang menonjol di tempat tersebut saat pagi foto ini saya ambil bukanlah cantiknya alam dan pemandangan yang breathtaking, tapi sampah. Saya masih ingat situasi yang kurang lebih mirip pada sungai belakang rumah saya dulu itu (postingan yang ini). Memunculkan perasaan sedih yang sama. 

Fenomena ini terasa makin menyedihkankarena sampah ini merupakan tumpukan sampah seminggu setelah liburan idul fitri. Hal yang merusak euphoria setelah keagungan hari besar itu. Saya pikir liburan idul fitri harusnya waktu untuk merayakan kemenangan, bukan waktu yang dihabiskan untuk membuang sampah ke tempat wisata saat jalan – jalan. Pernah tidak membayangkan kalau seorang saja lebih memilih mengantongi sampah alih alih membuangnya sembarangan? Dia setidaknya sudah melakukan sesuatu yang besar banget dampaknya dengan tidak mengotori bumi. Dia sudah mempertahankan sesuatu yang baik dari Negara, bukan menambah beban masyarakat atau pemerintah yang memang sudah banyak.

Saya masih ingat suatu hari saat saya menunggu sahabat saya di halte samping Gelora Bung Karno. Saya melihat seorang ibu menggeletakkan sampah di samping halte. Sampah konsumsi yang dibagikan pada salah satu even di tempat itu. Dan tindakan tersebut beliau lakukan di hadapan anak-anak yang lebih muda-mungkin anaknya atau keponakannya. They said we were copying another person habit around most when we were young. Saya takut kelakuan ini ditiru dan suatu saat kita pelan – pelan mulai hidup di tumpukan sampah. Saya takut hal ini berlanjut seterusnya menjadi lingkaran setan yang tidak pernah putus. Saya takut bahwa harapan untuk tanah ini makin menipis dari hari ke hari.

Di saat di tanah seberang sudah jauh berpikir tentang cara mengelola limbah, kita masih saja berkutat dengan kebiasaan menyedihkan: membuang sampah sembarangan, di Negara berpenduduk 259 juta orang ini.

Advertisements

Tentang Kebiasaan Membuang Sampah

Saat saya masih kecil, di belakang rumah saya mengalir sungai yang jernih. Dikiri kanannya hijau dipenuhi oleh pepohonan dan semak belukar. Sungai itu tidak hanya indah dipandang, namun juga merupakan tempat bermain favorit saya kala itu, dimana anak anak sebaya saya memanfaatkan sungai itu sebagai sarana latihan renang kami. Kurang dari 10 tahun, sungai itu tidak bisa dikenali lagi. Airnya yang dulu mengalir bening sekarang berwarna kehitaman seperti ter dan penuh sampah. Rasanya seperti melihat kematian dari seorang kenalan dekat, penuh rasa sakit dan ketidakrelaan. Saya hanya menangis dan berteriak dalam hati.

Saya bahkan tidak tahu bagaimana awalnya, mungkin dari adanya pasar di dekat sana, mungkin karena kepadatan penduduk (artinya semakin banyak limbah rumah tangga) atau mungkin murni dari kebiasaan masyarakat kami. Kebiasaan membuang sampah yang biasa kita saksikan saat naik kendaraan umum atau saat mengunjungi tempat wisata bersama keluarga. Kebiasaan membuang bungkus permen karena tidak ada tong sampah dan karena bungkus itu kecil, menjadi suatu kebiasaan yang umum dijumpai dan terasa sepele. Tetapi perubahan karenanya-buat saya-tidaklah sepele. Salah satu teman saya pernah berkata, bahwa setiap orang tahu kenapa tidak boleh membuang sampah sembarangan, namun hanya sedikit yang mengerti kenapa membuang sampah pada tempatnya itu ialah keharusan. Saya pernah mengungkapkan rasa frustasi saya kepada teman saya itu, jangankan belajar mengelompokkan dan membuang sampah berdasarkan jenisnya, mengantongi sampah untuk kemudian dibuang pada tempat yang tepat saja terasa berat dan aneh buat sebagian orang. Mengantongi sampah terkesan jorok, tapi membuang sampah di jalan atau dimanapun itu terasa wajar. Lebih miris lagi, melihat orang tua yang membuang sampah di pinggir jalan, atau (lagi-lagi) dimanapun itu-untuk kemudian dilihat sang anak, dan selanjutnyaanak tersebut menganggap hal itu ialah sesuatu yang wajar.

Saya bukanlah seorang maniak kebersihan, tapi sungguh saya sedih melihat fenomena kebiasaan membuang sampah sembarangan masih ada.

Kota Destinasi Wisata di Sumatera Barat (My Version)

Guys, I am dying because missing this province *nangisdarahmintatiket…. Yah untuk mengurangi rasa kangen, gw tulis postingan berikut sekalian mengingat masa-masa yang walaupun nggak terlalu indah tapi tetap ngangenin, yang gw lewatin di tempat ini.. Hukhukhuk..

Inilah daftar 5 kota di Sumatera Barat yang harus dikunjungi (versi gw:) )

1. Padang
Kenapa padang? Karena
1. (If you don’t know, I kindly tell you :)): ini ibukotanya SumBar
2. Kalau kamu ke Sumatera Barat via udara kamu harus mendarat di sini, jadi mau ga mau ya kamu harus ke sini juga… Hahaha… Despite kagak adanya bioskop berskala nasional disini, mallnya cuma 2, udaranya yang panas, gempa, dsb tapi spot menarik yang bisa dikunjungi di kota ini lumayan banyak loh.. Mulai dari taplau (pantai air manis, pantai padang, dsb), museum adityawarman, jembatan siti nurbaya, sampai taman taman di pusat kota, terus kalau mau travelling ke pulau2 cantik Sumatera Barat, cth sikuai, pulau pisang, atau pulau cubadak, teteup harus lewat kota ini dulu…

Senja di pantai Padang
Senja di pantai Padang

2. Bukittinggi
Sebagai kota yang pernah ‘sempat’ menjadi ibukota negara, Bukittinggi ga cuma cantik tapi juga kaya akan nilai historis dan budaya. Ke-kurang-crowded-annya dibanding kota Padang, udaranya yang adem, membuat kota yang terkenal dengan jam gadang nya ini masuk daftar kota wisata yang harus dikunjungi di Sumetera Barat. Benteng fort de kock, ngarai sianok(plus gua jepangnya), jam gadang!, pasa ateh, pasa bawah, pasa lereng merupakan spot wisata yang bisa dikunjungi di Bukittingi

Ngarai Sianok Bukittinggi
Ngarai Sianok Bukittinggi
Masih Ngarai Sianok
Masih Ngarai Sianok
Jam gadang Bukittinggi
Jam gadang Bukittinggi

3. Payakumbuh
Payakumbuh mempunyai pemandangan alam yang cantik banget. Berhubung pengalaman gw jadi traveler, turis, ataupun wisatawan disini agak minim, padahal temen gw getol banget ngajakin main ke tempat yang notabene kampungnya dia ini, tetep aja gw jaraaaaang ke sana. Setahu gw spot keren di payakumbuh tuh antara lain:
Harau(kayakny cuma satu ini yang gw tau. :))

4. Maninjau/Solok
di dua kota ini gw notice-in wisata danaunya.. Solok with danau kembarnya, dan Maninjau dengan Danau Maninjaunya (settingan Negeri 5 Menaranya A. Fuadi). My hometown take places here (alahan panjangnya Kabupaten Solok) dan (subjectively) ituh tempat paling peaceful menurut gw. Kebun teh (yang menurut gw lebih cantik dari kebun tehnya daerah bogor atw bandung :)), dan danau kembar yang kuantitas sampahnya lebih lumayan dari danau danau lain yang sempat gw kunjungi, absolutely jadi my most missed places in earth!

Danau Ateh Alahan Panjang
Danau Ateh Alahan Panjang

5. Sawahlunto/Silungkang
Sawahlunto ialah kota yang ga cuma punya beautiful scenery tapi juga punya nilai historis. Kota silungkang yang terkenal dengan tenunannya juga ga terlalu jauh dari sini. Sawahlunto merupakan salah satu daerah penghasil batu bara di Indonesia .

6. Batu Sangkar
Tahunya cuma Istana pagaruyuang doang di sini 😥 hahaha. Tapi disini kata google juga ada benteng van der cappellen (asli ga tau :)). Btw interesting thing I noticed is katanya sih nenek moyang ancient orang minangkabau itu berasal dari gunung merapi yang ga seberapa jauh dari kota ini..

Istana Pagaruyung (ambil dari laman orang :) moga ga dilindungi hak cipta)
Istana Pagaruyung (ambil dari laman orang 🙂 moga ga dilindungi hak cipta :))

Aurora -Borealis/Australis-Beautiful Light in the Sky

Dipengaruhi oleh video fenomena aurora borealis yang muncul baru baru ini di dataran amerika sana dan sempat ditayangkan di salah satu televisi, despite my limited knowledge,as  I have  been caught by its beautiful sky phenomenon,  I decided to write about it too ^_^.

 

Apaan tuh aurora, aurora borealis dan aurora australis? (sumber: oom google J)

Aurora (nama ini diambil dari nama dewi fajar Yunani kuno) adalah cahaya yang muncul secara alami di langit terutama pada daerah lintang jauh alias wilayah kutub alias daerah dekat Arktik dan Antartika. Aurora diklasifikasikan atas aurora diffuse dan aurora diskrit. Berdasarkan definsiinya si aurora difuse itu katanya merupakan sinar yang nggak kelihatan oleh  mata telanjang, sedangkan aurora diskrit memiliki karakter sinar yang cukup terang yang bisa dilihat oleh mata telanjang pada malam hari, cuz kalau di siang hari aurora nggak bakalan kelihatan. I know you can guees why J .

Aurora borealis (juga dikenal dengan Cahaya Utara alias the Northern Lights) adalah aurora yang muncul dan kelihatan di wilayahna kutub utara sedangkan aurora australis (Cahaya Selatan alias the Southern Lights) adalah aurora yang muncul diwilayahnya kutub selatan *udah ketahuan dari namanya yah?^^

Kapan fenomena ini bisa kita lihat di indonesia?

Secara ilmiah, dari definisinya aja udah ketahuan tuh, kalau fenomena ini gak bakalan bisa kita lihat di IndonesiaL .  Jika sempat kejadian, bakalan tercatat  sebagai keajaiban di bidang astronomi J. Kenapa tuh? Nah untuk menjawab pertanyaan itu kita erlu tahu bagaimana fenomena ini terjadi. Let check it out J

Bagaimana aurora bisa terjadi?

Itulah keagungan Tuhan *hehehe.  Secara ilmiah *belajar astronomi dikit* bagaimana aurora muncul masih belum dimengerti sepenuhnya, namun generally aurora muncul akibat interaksi antara elektron berenergi tinggi dari angin matahari dengan elemen-elemen atmosfer bumi *baru tahu kalau matahari juga punya angin.  Angin matahari ini merupakan arus ion yang mengalir terus menerus menjauh dari matahari. Aliran angin matahari memiliki kecepatan  1 juta mil per jam.Saat mencapai bumi, sekitar 40 jam setelah meningglkan matahari sebagai tempat asalnya, angin ini mengalir mengikuti area kekuatan magnetik bumi yang dipengaruhi oleh kekuatan inti bumi, membentuk suatu area yang memiliki keuatan magnetik dan elektrik  tinggi. As seen in this picture bellow (sumber wikipedia*mudah-mudahan gak dilindungi hak cipta).

Saat elektron ini mencapai bagian atas atmofer bumi , mereka akan ketemuan dengan atom dari oksigen dan nitrogen pada ketinggian 20 sampai 200 mil diatas permukaan bumi, mengakibatkan terjadinya emisi foton.  Warna aurora yang terbentuk tergantung dengan atom mana yang berinteraksi dan pada ketinggian berapa interaksi ini terjadi.

  • Hijau – oksigen, hingga ketinggian 150 mil
  • Merah  – oksien, diatas ketinggian 150 mil
  • Biru- nitrogen, hingga ketinggian 60 mil
  • Ungu/violet – nitrogen, diatas ketinggian 60 mil

Kapan fenomena ini terjadi?

Karena kejadian ini dipengaruhi oleh aktivitas geomagnet dan polaritas yang masih belum bisa dijelaskan sepenuhnya oleh artikel-artikel di internet ) dan saia juga pusing membacana ^_^ jadi frekuensi kejadian ini masih bervariasi dan -sepertinya- masih sukar untuk diprediksi

If Flower Could Speak (part I)

Image

Despite of its beauty, it is a common perception that flowers represent something. Apologize, Love, Passion, Luck. Philosophical. So, kayaknya saia juga mau nulis dari sudut pandang yang sangat subjektif  What will I think if I were given this kind of flower (narcism ^__^).

1. Bunga Matahari (Sunflower/ Helianthus anuus)

Pernah nonton j-dorama Buzzer Beat? atau Taiyou no Uta (A Song to The Sun)  versi YUI-nya (alias versi film)? Bunga matahari merupakan komponen penting yang tak terpisahkan dalam dorama ini ^^. Disamping pilem, banyak manga yang juga `nyelipin` bunga ini sebagai bagian dari whatever cerita yang ingin disampaikan oleh si mangakanya.  And The Sunflower mean… I always watching you no matter where you are… woooo *klepekklepek. Kalau diberi bunga ini pas sedang merasa kesepian pasti bisa memberi harapan that We always never walk alone in this life. Emang pas banget jadi icon buat cerita cinta ya…

2. Anggrek Putih (White Orchid/Phalaenopsis amabilis)

Di depan salah atu sekolah saia, anggrek inilah yang tumbuh. batangnya cuma satu, dan karena jarang berbunga, saat bunganya muncul, cantik banget. For me, this flower also have a historical scent ^__^. Ababilnya masa-masa sekolah.. And white orchid mean.. pure affection with sincerity. HMMMM…Emang segala sesuatu yang murni dan tulus itu memberi perasaan nyaman, warm sekaligus bahagia yang gak neko-neko yahhhh..

Tapi above it all  I wonder what they said if they could speak..