The Health

health-insurance-and-the-health-care-system

Yang tahu berharganya kesehatan ialah orang yang sakit

Demikian ucapan seorang guru saya. Quote yang tiba – tiba saya ingat saat salah seorang sahabat saya mengirimkan pesan bahwa dia terkapar tak bisa bangun suatu hari. Syukurlah, sahabat saya tersebut kedaannya sudah jauh lebih baik.

Berita tersebut tidak hanya membuat saya berempati, pasalnya kami berdua sama – sama orang rantau yang notabene hidup jauh dari keluarga, namun juga menjadi pengingat lanjutan bagi saya. Being healthy is priceless. Saya lebih sering menghitung banyak alasan saya untuk tidak bersyukur, ketimbang alasan untuk bersyukur.

Cuma terkadang saya terpikir lagi, jika kita punya alasan sehat untuk bersyukur, apa alasan manusia yang sakit- seperti survivor cancer, pasien AIDS- untuk bersyukur? Mungkin jawabannya ialah bersyukur atas hidup yang diberikan, untuk orang –orang yang menyayangi mereka dengan status itu.

Sakit ialah salah satu hal yang membuat manusia jadi manusiawi, yang menyatukan manusia sebagai komunitas yang sama sama mampu menderita, yang sama sama mampu menangis , yang sama sama mampu menghargai kebaikan sesederhana apapun itu.

Leave a Reply

