Be Brave

“Bad thing and crime usually happened not because of too many evil people around there, but because of the good one choose to stay quiet”

Kurang lebih begitu ucapan sahabat saya hampir satu bulan yang lalu. Ucapan yang kerap saya ingat saat  cerita kriminalitas di Indonesia sampai ke telinga saya.

Saya ingat suatu ketika saat sahabat saya menjadi korban pencurian handphone di salah satu kendaraan umum kota Jakarta. Saksi mata jangankan mencegah kejahatan tersebut atau membantu sahabat saya, alih alih mereka seakan membenarkan kejadian tersebut dengan menghakimi sahabat saya tersebut sebagai seorang yang tidak waspada di kota sekejam Jakarta.

Saat kuliahpun saya pernah bertanya tanya dalam hati, ketika seorang pengajar saya dengan reputasi yang kurang baik berbuat zolim dengan tindakan yang tidak senonoh ke mahasiswinya, kenapa tidak ada kolega beliau yang bertindak untuk mencegah kejadian yang sama terulang.

Salah seorang teman masa kecil saya mungkin akan memiliki nasib yang berbeda jika masyarakat atau dinas sosial (jika ada) saat itu memutuskan ikut campur dalam hubungannya dengan sang ibu yang abusive.

Saya tidak bisa mencegah diri saya berpikir bahwa seharusnya mereka-saya- tidak diam saat itu.

Bertindak butuh dosis besar keberanian, setiap tindakan akan mendatangkan resiko langsung yang terkadang tidak cukup berharga untuk dipertaruhkan. Namun berani bertindak untuk membela sesuatu yang benar bukankah punya jaminan surga. Bukankah esensi jihad yang sebenarnya ialah berani mencegah kejahatan dan kedzholiman, bukan menciptakan terror dan rasa takut.

Lagipula, meskipun pilihan antara diam dan bertindak tidak akan pernah mudah, namun efek dari tindakan itu tidaklah sepele. Keberanian pada hakikatnya membuat hidup jauh lebih baik dan memberi jauh lebih banyak kasih sayang untuk manusia lainnya.

Be brave.

Leave a Reply

