The Big Dream

Mimpi terbesar saya ialah mendirikan perpustakaan. Bukan perpustakaan hening nan suram penuh buku tua dengan rak menjulang hingga ke langit – langit. Dalam visi saya, saya membayangkan ruangan lapang yang hangat dengan warna cerah. Tempat menyendiri tanpa harus merasa terasing. Tempat dimana semua mimpi dijaga untuk tetap hidup.  

Bukan perpustakaan pribadi, karena apalah arti sesuatu yang membahagiakan jika tidak pernah dibagi. Namun perpustakaan itu terasa pribadi sebagaimana buku yang  mampu menyentuh pikiran pembacanya dengan begitu intim.

Motif saya tidaklah mulia. Seperti juga segala hal lain yang saya lakukan, motif terselubung saya muncul dari kenangan masa kecil saya. Buku ialah pelarian saya, saya bisa berpura-pura jadi orang lain, saya bisa bepikir bahwa suatu saat hidup saya akan berubah drastis seperti plot di buku, saya bisa mengarang akhir yang saya mau. 

Di tempat saya dibesarkan, infrastruktur bukanlah suatu kelebihan. Tidak ada perpustakaan umum, tidak ada toko buku, pasar sekali seminggu. Selain buku teks sekolah yang masih menggunakan kurikulum 1994 dan diturunkan dari masa ke masa, untuk memperoleh satu buku saja, saya harus ke ibukota propinsi. Dengan jadwal kendaraan umum yang cuma 2 kali seminggu dan terbatas hanya sampai jam 9 pagi, bahkan pelarian terdekat saya lewat bukupun hanya bisa direncanakan sekali sebulan. Tentunya sekarang berbeda, saat saya hampir meninggalkan daerah itu selama 10 tahun. Namun pelarian saya atas realita tetaplah sama: buku. Hanya saja saat di kota besar opsi untuk pelarian terasa mahal dan sangat banyak. Ah, mungkin karena sesungguhnya saya ingin berlari pulang. Mungkin saya hanya ingin mengulang kenangan. Melihat anak atau remaja seperti saya dulu menemukan suatu tempat tujuan saat berlari tanpa perlu merasa terasing. 

Saya menceritakan mimpi saya ke beberapa orang. Cuma mereka membuat saya melihat realita. Realita itu berupa uang dan kewajiban memperolehnya untuk meneruskan hidup. Mungkin mimpi memang selayaknya cukup menjadi pelarian.

Leave a Reply

