Ujian

My day had been tough during the few past week, but I felt ashamed of myself because I let it turn to anger. 

Ledakan itu terjadi sabtu lalu. Pasca kejadian jambret, delay, dan setelah saya mendapat berita bahwa ayah saya sakit hingga beliau tidak mampu bangun dari tempat tidur selama satu hari penuh. Pertanyaan ibu saya mengenai kepulangan dan rencana masa depan saya masih terngiang di kepala saya. Saya lelah, lelah mengasihani diri, lelah karena memblokir otak saya bepikir, lelah menangis dan berfilosofi. Kali itu ialah kali pertama saya kembali bertemu dengan teman teman kuliah saya.  

Masalahnya sebenarnya sederhana, dari keinginanan saya (lagi-lagi) untuk mendapat sedikit simpati. Jadi ketika saya tidak mendapatkannya, saya sakit hati. Lebih karena saya berharap dalam suatu persahabatan. Kalimat itu saja terasa salah. Bukankah seharusnya persahabatan tidaklah menuntut dan egois? Ah, saya masih malas berfilosofi. Lagipula, saya tidak pernah bicara dengan terus terang. Komunikasi verbal bukanlah keahlian ataupun kelebihan saya. Saya seperti hipokrit yang percaya pada komunikasi tapi tak mampu untuk itu. 

I felt my fury lead me to hatred. Saya membenci diri saya sendiri karena marah, karena tindakan tidak elegan saya dengan marah (I am crying by the way), karena saya membiarkan diri saya berharap, karena ketidakmapuan saya untuk berkomunikasi, karena teman – teman saya tidak bersikap seperti yang saya mau. Saya membenci karena saya butuh manusia lain untuk mendengarkan, bersimpati, dan memberi tahu saya bahwa my life would be alright, that I would go through all this mess. Wrong direction to think. Dan saya tahu kemrahan saya sudah tidak terkendali, sehingga membuat satu momen kecil itu mengubah seluruh perspektif saya.

Saya rasa tidak ada yang salah dengan emosi termasuk marah, hanya seberapa terkendalinya dia menempatkan manusia dalam level yang berbeda. Dan dalam satu ujian, saya gagal melewatinya.

Leave a Reply

