Statistical Process Control – Overview

Tema tugas khusus saya dulu nih, dimana saya belajar marathon modul kuliahannya anak teknik industri *just intro*..

Statistical process control ialah suatu prosedur pengawasan mutu yang bertujuan memonitor proses produksi sehingga jika terjadi variasi yang bermakna (dan memungkinkan dihasilkan produk di bawah standar) dapat dideteksi. SPC memanfaatkan ilmu statistik untuk tujuan ini.

Bagaimana aplikasi SPC di lapangan?

Saat kita memilih untuk melakukan improvement di lapangan dengan menerapkan prosedur SPC langkah-langkah yang harus kita ambil antara lain:
1. Koleksi data. Pengambilan data harus berulang, tidak boleh tunggal. Data yang diambil harus valid dan bersifat representatif.
2. Menyajikan data yang diperoleh dalam control chart (dipermudah dengan keberadaan software)
Titik kritis untuk penyajian data ini yang perlu diperhatikan:
*mengetahui jenis data : kualitatif atau kuantitatif
*mengetahui sebaran data: data terdistribusi normal atau tidak
*menetapkan batas spesifikasi
*memilih tipe control chart dalam penyajian data
3. Menarik kesimpulan dari penyajian data dari control chart. Buat saya pribadi, bagian ini tahapan yang paling sulit. Tampilan data tidak cuma sekedar memperlihatkan proses terkontrol atau tidak, tapi juga memberikan informasi tentang variabilitas data, apakah variabilitas yang timbul wajar atau tidak. Disamping itu, dari tampilan data dapat diperoleh info mengenai kapabilitas proses. Sehingga dapat memberikan jawaban atas pertanyaan ” apakah proses yang berlangsung menjamin produk yang dihasilkan memenuhi kualitas yang ditetapkan secara konsisten dan berkesinambungan?”. Konsistensi penting untuk menjamin kualitas dan mengurangi jumlah waste baik berupa uang, tenaga, dan biaya yang dikeluarkan selama proses.
Control chart merupakan bukti yang kredibel dalam menarik kesimpulan dan dasar yang valid dalam mengajukan tindakan perbaikan.

Secara sederhana SPC merupakan tindakan pengumpulan bukti, proses monitoring, sekaligus analisa root cause thd suatu proses. Proses perbaikan atau improvement tetap dieksekusi oleh kegiatan yang dilakukan.

Lingkup penggunaan SPC sangat luas, hampir semua industri manufacture dapat mengadaptasi ilmu ini, termasuk industri farmasi (tempat perkenalan pertama saya dengan ilmu ini:))

Author: mela

Me is a mess of unfinished thought

Leave a comment