DNA, Heredity, Regenerasi and Gamette

Jadi, kemaren temen gw yang mau nikah bilang gini “gw mau langsung punya anak abis nikah, trus maunya anak pertama itu cowok. Gimana ya triknya?” Trus beberapa hari sebelumnya, temen gw yang udah nikah tapi belom punya anak nanya tanpa tedeng aling aling ” eh mu, waktu subur cewek biar dapat anak itu kapan yah?” apa tampang gw segitu omesnya sehingga suka ditanyain yang beginian :p)

Anyway, berhubung gw masih rada kepo soal DNA, dan DNA merupakan material mendasar sel penyusun tubuh kita sebagai manusia yang juga bertanggung jawab untuk penurunan sifat dari satu manusia ke manusia lain dan penurunan sifat ini terjadi akibat penggabungan DNA sel cowok dan cewek, jadilah persoalan hereditas antar individu ini gw masukkan dalam to know list gw dan mulailah gw riset soal ini #eaa.

Setelah kembali buka buku biologi dan googling sana sini inilah hasil riset-karena-kepo itu…

Di postingan sebelumnya as we know, manusia punya 23 pasang kromosom (diploid). Saat terjadi regenerasi sel tubuh (kecuali sel gamette) ke 23 pasang kromosom ini akan mengalami replikasi alias mengcopy persis sama dengan kromosom awal. Sehingga muncullah sel baru dengan kromosom yang sama dengan kromosom sebelumnya. Proses ini di buku biologi dinamain mitosis.
Mitosis merupakan cara replikasi untuk semua sel tubuh kecuali sel gamette.

video tentang mitosis (copy dari youtube)

Apaan tuh sel gamet?

Hmm, kalau istilah ini dibikin gampang, sel gamet itu merupakan sel khas cowok dan cewek. Yup sel gamette ialah sel telur dan sel sperma, yang bertanggung jawab dalam regenerasi manusia dan beberapa makhluk hidup yang bereproduksi secara seksual lainnya. Uniknya, sel former alias bahan baku untuk sel gamet ini punya 46 kromosom namun hasil akhir replikasinya akan menghasilkan sel dengan 23 kromosom (haploid). Proses replikasinya, dibuku buku biologi dikenal dengan miosis.

video tentang miosis

Apa peranan kromosom dengan regenerasi manusia?
Jika sel ovum dan sel sperma dengan 23 kromosom ini bergabung terbentuklah zigot yang sudah komplit dengan 46 kromosomnya (istilahnya fertilisasi atau konsepsi). Dan voila, muncullah individu baru di dunia ini yang sudah memiliki sel dengan 46 kromosom as human. Karena 46 kromosom ini merupakan gabungan dari kromosom 2 individu berbeda, maka individu baru ini akan memiliki fenotipe (sifat dan karakter yang terlihat oleh indra) yang merupakan gabungan juga dari keduanya.

Peranan kromosom sel gamette dalam menentukan jenis kelamin apaan sih?
Secara genetika, satu hal mendasar yang membedakan manusia cewek dan cowok itu cuma satu kromosom. Pada cewek sel tubuhnya selain 22 pasang autosom terdapat 1 pasang kromosom XX, sedangkan pada cowok sel tubuhnya juga memiliki 22 pasang autosom plus 1 pasang kromosom XY. Saat miosis tejadi, kromosom pada sel yang awalnya berpasangan membentuk 4 sel baru dengan kromosom tidak berpasangan. Pada sel cewek (ovum), tentu saja ga ada kemungkinan kromosom sex yang XX bakalan menjadi kromosom Y, tapi pada sel cowok sel baru yang muncul bisa jadi kromosom X atau bisa jadi kromosom Y, hal inilah yang menentukan apakah generasi yang baru ini bakalan jadi cewek atau jadi cowok.

Comeback to pertanyaan yang menginspirasi gw untuk bikin postingan ini, walau agak agak menyimpang dari topik umum, tapi ga ada salahnya lah ya gw include di postingan ini juga. Pertama, is there any trick untuk “merancang”  anak jadi cowok atau cewek? Sejauh ini tentu saja ga ada, walaupun proses yang menentukan jadi  cewek atau cowok itu bisa dijelaskan secara ilmiah. Terus second question waktu subur cewek agar pas intercoursenya bisa menghasilkan anak kapan sih? Well, secara ilmiah, waktu subur ini bisa dibilang saat ovulasi, dari 28 hari siklus menstruasi normal, sekitar pertengahan siklus atau hari ke 14 dan itungan intercoursenya pada hari ke 2 sebelum atau sehari sesudah ovulasi (berdasarkan hitung-hitungan ketahanan sel sperma di uterus, hehehe)

sumber linknya ke sini, sini, atau sini ye…

semoga bermanfaat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s