Kota Destinasi Wisata di Sumatera Barat (My Version)

Guys, I am dying because missing this province *nangisdarahmintatiket…. Yah untuk mengurangi rasa kangen, gw tulis postingan berikut sekalian mengingat masa-masa yang walaupun nggak terlalu indah tapi tetap ngangenin, yang gw lewatin di tempat ini.. Hukhukhuk..

Inilah daftar 5 kota di Sumatera Barat yang harus dikunjungi (versi gw:) )

1. Padang
Kenapa padang? Karena
1. (If you don’t know, I kindly tell you :)): ini ibukotanya SumBar
2. Kalau kamu ke Sumatera Barat via udara kamu harus mendarat di sini, jadi mau ga mau ya kamu harus ke sini juga… Hahaha… Despite kagak adanya bioskop berskala nasional disini, mallnya cuma 2, udaranya yang panas, gempa, dsb tapi spot menarik yang bisa dikunjungi di kota ini lumayan banyak loh.. Mulai dari taplau (pantai air manis, pantai padang, dsb), museum adityawarman, jembatan siti nurbaya, sampai taman taman di pusat kota, terus kalau mau travelling ke pulau2 cantik Sumatera Barat, cth sikuai, pulau pisang, atau pulau cubadak, teteup harus lewat kota ini dulu…

Senja di pantai Padang
Senja di pantai Padang

2. Bukittinggi
Sebagai kota yang pernah ‘sempat’ menjadi ibukota negara, Bukittinggi ga cuma cantik tapi juga kaya akan nilai historis dan budaya. Ke-kurang-crowded-annya dibanding kota Padang, udaranya yang adem, membuat kota yang terkenal dengan jam gadang nya ini masuk daftar kota wisata yang harus dikunjungi di Sumetera Barat. Benteng fort de kock, ngarai sianok(plus gua jepangnya), jam gadang!, pasa ateh, pasa bawah, pasa lereng merupakan spot wisata yang bisa dikunjungi di Bukittingi

Ngarai Sianok Bukittinggi
Ngarai Sianok Bukittinggi
Masih Ngarai Sianok
Masih Ngarai Sianok
Jam gadang Bukittinggi
Jam gadang Bukittinggi

3. Payakumbuh
Payakumbuh mempunyai pemandangan alam yang cantik banget. Berhubung pengalaman gw jadi traveler, turis, ataupun wisatawan disini agak minim, padahal temen gw getol banget ngajakin main ke tempat yang notabene kampungnya dia ini, tetep aja gw jaraaaaang ke sana. Setahu gw spot keren di payakumbuh tuh antara lain:
Harau(kayakny cuma satu ini yang gw tau. :))

4. Maninjau/Solok
di dua kota ini gw notice-in wisata danaunya.. Solok with danau kembarnya, dan Maninjau dengan Danau Maninjaunya (settingan Negeri 5 Menaranya A. Fuadi). My hometown take places here (alahan panjangnya Kabupaten Solok) dan (subjectively) ituh tempat paling peaceful menurut gw. Kebun teh (yang menurut gw lebih cantik dari kebun tehnya daerah bogor atw bandung :)), dan danau kembar yang kuantitas sampahnya lebih lumayan dari danau danau lain yang sempat gw kunjungi, absolutely jadi my most missed places in earth!

Danau Ateh Alahan Panjang
Danau Ateh Alahan Panjang

5. Sawahlunto/Silungkang
Sawahlunto ialah kota yang ga cuma punya beautiful scenery tapi juga punya nilai historis. Kota silungkang yang terkenal dengan tenunannya juga ga terlalu jauh dari sini. Sawahlunto merupakan salah satu daerah penghasil batu bara di Indonesia .

6. Batu Sangkar
Tahunya cuma Istana pagaruyuang doang di sini šŸ˜„ hahaha. Tapi disini kata google juga ada benteng van der cappellen (asli ga tau :)). Btw interesting thing I noticed is katanya sih nenek moyang ancient orang minangkabau itu berasal dari gunung merapi yang ga seberapa jauh dari kota ini..

Istana Pagaruyung (ambil dari laman orang :) moga ga dilindungi hak cipta)
Istana Pagaruyung (ambil dari laman orang šŸ™‚ moga ga dilindungi hak cipta :))
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s