Top 5 Penyakit Akibat Abnormalitas DNA

Post kali ini masih hasil per-kepoan tentang material genetik yang dikenal dengan nama DNA.
Menurut gw kelima penyakit dibawah ini penyakit yang lumayan populer dan muncul akibat intervensi abnormalitas DNA. Gw juga mau underline di sini bahwa penyakit akibat abnormalitas DNA yang gw rate berdasarkan kepopulerannya ini, ga melulu karena bawaan atau hereditas yak.
BTW, sebenarnya mau ngasih postingan ini dengan judul ‘penyakit akibat mutasi DNA’ tapi kok gw udah serem sendiri ya baca judul itu, dan somehow judul itu ngingetin gw ma film X Men, jadinya gw improvisasi dikit dah judulnya.. Hahaha.
Kembali ke topik *apa yah?? , langsung cekidot aja dah ke tkp:

1. Kanker (Bukan akronim kantong kering yahh)
Kanker muncul karena kesalahan DNA dalam memprogram perkembangan (mitosis) dan kematian (apoptosis) sel, jadilah sel tubuh berkembang tak terkendali.

2. AIDS
AIDS muncul akibat DNA normal manusia disusupi oleh DNA hasil replikasi RNA virus HIV. Kesalahan prgramming ini akan mempengaruhi sistem imun kita jadi agak agak amnesia dan agak agak mengalami impotensi gitu..*ga menemukan istilah lain yang lebih tepat.

3. Sickle Cell Anemia
Anemia sel sabit ini muncul akibat kesalahan DNA yang alih-alih menginstruksikan agar sumsum tulang belakang itu ngasilin produk yang bentuknya bundar, malah ngasilin produk yang bentuknya kayak bulan sabit.. Nah penyakit yang ini tuh penyakit genetika yang merupakan penyakit hereditas. Artinya penyakit akibat abnormalitas DNA ini kebanyakan didapat dari orangtua (keturunan atau bawaan)

4. Hemofilia
Hemofilia (which is dicirikan dengan darah sukar membeku) ialah penyakit akibat gen pada kromosom X atau Y yang mengkodekan faktor pembekuan darah mengalami abnormalitas (mutasi)

5. Diabetes tipe 1
Di urutan ke lima, bercokol penyakit yang agak berbeda dengan 4 penyakit sebelumnya. Soalnya the last one ini penyebabnya tuh bukan tunggal akibat ‘hello, there’s something wrong in your DNA’ tapi multifaktorial. Dibanding penyakit 4 yang lain, yang ini tuh peran DNAnya lebih bias. Diduga sih gene yang ngaruhin kerja insulin (hormon yang mengontrol gula darah itu) pada orang diabetes ‘korslet’. Tapi ga semua orang dengan diabetes tipe 1 penyebabnya melulu karena gene inih..

Okay, there’s the list. Dan nyadar ga, kelima penyakit diatas, penyakit yang tujuan pengobatannya ga pernah untuk menyembuhkan.. The reason why.. Yah karena ngutak ngatik DNA itu not an easy things to do. Jadi kayaknya nyiptain mutan super kayak wolverine itu sama sekali ga gampang *gelenggeleng kepala sendiri

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s