Fakta-Fakta Menarik tentang DNA

Akhir-akhir ini, gw lagi getol getolnya searching tentang hereditas alias pembelajaran-tentang-bagaimana-suatu-sifat-diturunkan-dari-generasi-ke-generasi. Dan selagi membaca, mengambang, dan membayangkan, gw dibuat ‘terkesima’ *bahasa gw sesuatu banget yakkk- oleh fakta fakta tentang DNA yang sempat nyantol di kepala gw. And I try to rewrite again about that dengan judul:

Fakta-Fakta Menarik tentang DNA~jrengggg

1.99.9% DNA antar manusia satu dengan yang lainnya itu sama. Jadi gw punya 99.9 % DNA yang sama dengan Katie Holmes, Marie Currie, dan Angelina Jolie (hehehe). Sisanya yang 0.1 % ini yang membuat manusia itu unik sebagai individu.
2. Setiap sel yang menyusun organ di tubuh kita punya DNA yang sama. Sel pada darah, rambut, mata, pokoknya atas nama sel manusia, punya 23 pasang DNA yang sama yang disebut genome dan ‘bertahta’ di bagian inti sel. Kenapa DNA yang sama, keluaran hasilnya bisa beda beda, ada yang jadi sel sarap, ada yang jadi sel darah, ada yang jadi sel otot, sel lulit, sel lingkuh (?) dst? Itulah keMaha Besaran Tuhan cuyy^^ *dilempar pake hak tinggi..
3. DNA itu selalu berupa pasangan; dikenal juga dengan kromosom (pada manusia ada 22 pasang autosom yang dinomorin dari 1 ampe 22, dan 1 kromosom sex). Yang ga pernah lepas satu dari yang lain, yang bersama-sama mengkodekan apa yang harus dilakukan oleh suatu sel, yang selalu sehidup dan semati, tak terpisahkan sampai ajal memanggil..hiksss *apaaa sehhh
4. DNA itu tersusun ‘cuma’ dari 3 komponen utama: gula deoksiribosa, gugus fosfat, dan basa DNA. Perbedaan pada basa DNA ini yang memungkinkan satu sel bisa berbeda dengan sel yang lain, baik sel antar individu maupun sel yang dimiliki oleh individu itu sendiri.
5. Basa DNA yang menyusun sel tubuh manusia jumlahnya mencapai 3 miliar basa…
6. DNA dan gen pada dasarnya berbeda. DNA merupakan ‘otak’ yang mengatur ‘kehidupan’ suatu sel sedangkan gen adalah bagian DNA yang menginstruksikan apa yang harus dilakukan oleh sel tersebut untuk menjalankan amanahnya sebagai sel.
7. Perbedaan mendasar pria dan wanita terletak pada satu kromosom sex. DNA pada wanita itu XX sedangkan pada pria XY.
8. Belum ada tuh yang fully exactly understand gimana DNA itu menurunkan infonya secara genetik dan membentuk variasi antar populasi dan antar ras. Dan sekarang para ilmuwan genetika di dunia lagi berusaha memetakan kecenderungan genetika berdasarkan populasi, ras, dan lingkungan. Tujuannya antara lain: agar lebih ngerti tentang kenapa suatu individu lebih rentan terhadap suatu penyakit dibanding individu lain, kenapa suatu obat yang efektif untuk banyak orang nggak ngefek pada orang orang tertentu, dsb.

Biologi seluler (nyontek dari blog lain :))

Menarik kan? Poin yang paling menarik buat gw tuh yang no. 1. Poin itu bikin gw mikir gini, dengan berbagi 99.9 % DNA yang sama as human, we can be so different. How we see everything from different point of view, how we have different talent, but we value the same things: like life, love, friendship, money. Namun at the end, qt masih aja perang-perangan karena perbedaan sight qt dalam menghargai value itu.

Haven’t you think Tuhan itu Maha Besar dan Maha Sempurna?

Advertisements

4 thoughts on “Fakta-Fakta Menarik tentang DNA”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s