A Trip to “Palabuhan Ratu”

 Image

Palabuhan ratu merupakan salah satu daerah pesisir laut selatan Jawa Barat. Legenda Nyai Roro Kidul dengan pantangan baju hijaunya, merupakan salah satu daya tarik yang lumayan berhasil membujukku dan beberapa orang sahabat untuk mengunjungi pantai yang terkenal ini, ala para backpacker. Dari kota Bogor, jarak yang ditempuh menuju daerah ini lumayan jauh, lumayan berliku, dengan cuaca yang lumayan panas. Intinya perjalanan tanpa bus ber-AC, benar-benar akan menjadi perjalanan yang menyiksa.

Sesampainya di kawasan ini, kami malah kebingungan mau ke arah pantai yang mana, ke wilayah mana, dan dengan cara apa. Bermodalkan kejujuran dengan nanya sana sini, kami memutuskan ke pantai daerah Samudera Beach Hotel, yang menurut si empunya petunjuk adalah hotel berbintang yang lumayan terkenal. Pada kenyataannya, bangunan ini memiliki imej yang berbeda dengan imej hotel berbintang yang ada dikepalaku. Sepi, kusam, dan terkesan tertinggal, menambah efek mistis dari pantai yang kami kunjungi ini.
Image

Bagian paling mencurigakan yang menambah perjalanan ini lebih dari sekedar perjalanan biasa diakibatkan pertemuan kami dengan segerombolan orang yang juga mencurigakan terdiri dari aki-aki yang mengingatkanku pada mbah-mbah dalam primbon jawa, wanita yang menggunakan basahan seakan-akan mau mandi (dilihat dari belakang kayak masih usia 20-30-an. tapi dari depan-menurut sahabatku yang sempat bertatapan dengan si wanita saat dia berpaling-keriput seperti usia 60-an), ditambah bau-bauan aneh yang sempat tercium diakhir perjalanan ini, yang otomatis membuat kami langsung berpikir tentang hal yang aneh-aneh dan langsung angkat kaki. Belakangan kami baru sadar kalau kami mengunjungi pantai ini saat bulan baru.

Sekembalinya dari pantai, kami memutuskan untuk mencari makan ditengah terik matahari yang benar-benar membakar ubun-ubun. Dan dengan kepolosan yang sama, topik pantai yang sepi, wisata, dan daerah yang ingin dikunjungi kembali terlontar ke si ibu pemilik warung. Nah, si ibu menyarankan kami ke pantai Karang Hawu, yang tak terlalu jauh dari daerah pantai yang kami kunjungi sebelumnya. Cuma si ibu `lupa` menyebutkan- belakangan juga baru kami ketahui akibat browsing di internet-bahwa daerah pantai itu terdapat dari beberapa makam. Untungnya, karena kelelahan kami memutuskan tidak mengikuti saran si ibu.

Image

Terlepas dari legendanya, keanehannya, panasnya dan sampahnya, pantai Palabuhan Ratu merupakan pantai yang indah, dengan batas tepian cakrawala yang jelas, dan hamparan laut biru yang luas dan menenangkan. Aku membayangkan cantiknya pantai ini  saat matahari tenggelam dan saat matahari muncul.

Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s